Resep Opor Ayam Selera Nusantara

Posted on

Opor Ayam Salah satu masakan khas yang sangat terkenal di Indonesia adalah Opor ayam. Opor ayam sering kita jumpai pas lebaran  cocok banget di pasangi sama ketupat  ga lengkap deh rasanya kalo ga ada masakan ini masih bingung ya bikin masakan opor yuk kita bikin bareng ja ni bumbu bumbunya siapin dulu ya

Bahan Membuat Opor Ayamopor ayam
1 btg serei geprak atau di memarkan
3 lbr daun slam cuci bersih terlebih dahulu
Garam seckupnya
gula pasir secukupnya
600 gr daging ayam yang udah di bersihkan dan potonglah sesuai selera
250 ml santan kental dari kalapa asli jangan pake instan ntr ga enak rasanya
250 ml air yang udah mateng
Minyak goreng secukupnya unutk menumis
Bawang goreng (secukupnya)
Bahan bumbu yang dihaluskan :
½ sdt jintan kalo ga suka baunya juga ga uasah pake
½ sdt pala ini wajib ada ya
2 cm kunyit kupas kulitnya terlebih dahulu
2 cm jahe geprak dan memarin
4 sbh bawang putih kupas kulitnya terlebih dahulu
4 bh bawang merah kupas kulitnya terlebih dahulu
4 butir kemiri yang kita sangrai terlbih dahulu
1 sdt merica pake ja bubuk biar lebih praktis

Cara membuat opor ayam :
1.Ambil semua bumbu yang di haluskan tarus dalam cobek kemudian uleklah semua bumbu tadi sampai bener bener halus
2.Panasin minyak goreng kemudian tumislah bumbu bumbu yang udah di halusin tadi sampai tercium bau wanginya nah kalo udah Tercium wangi
3. Baru deh di masukin santan dan air aduklah sampai semua bahan tercampur rata ingat terus di aduklah jangan Santannya pecah
4.Nah sekarang kita masukin bahan yang lain serai daun salam dan gula garam secukupnya dan sambil di adukya
5.Aduklah sampai merata terus masukin deh potongan ayam kedalam santan dan masaklah dengan api yang kecil pas masak ini  Sambil teruslah diaduk ya dan sampai semua bumbu dan santan meresap

Opor Ayam udah mateng kan sekarang kita ciicpin dulu ya siapa tahu kurang garam kalo kurang ya tinggal di tambahin hehe nah kita taruh deh di piring saji akan lebih mantap kalo kita kasihdi taburin bawang goreng diatas nya ini akan menambah aroma wangi dan rasa yang mantap.

Untuk 1 Porsi Keluarga Begitu Mudah Bukan