Resep Nasi Krawu Khas Gresik

Posted on

Nasi Krawu ne satu lagi masakan khas daera indonesia yaitu nasi krawu khas gresik, banyak khan macam masakan, khas indonesia
mulai dari nasi ini contohnya. siapa seh yang ga tahu gresik pasti lah semua pada tahu. tapi ga tahu khan apa seh makanan khas dari sana hunkwe . makanan sederhana yang terbuat dari nasi penasaran cara bikinya yuk mari kita praktekin

Bahan Membuat Nasi Krawu :resep nasi krawu

500 grm daging sapai potong mamanjang tapi bisa juga sesuai dengan selera kalian
500 ml air yang udah mateng lebih sehat
garam secukupnya
2 lembar daun salam
1 btng serai, dimemaarin
200 ml santan kelapa asli jangan pake santan instan
¼ btr kelapa yg setengah tua dan di parut
3 lbr daun jeruk purut sebagai pewangi

Bumbu yang di ulek Nasi Krawu :
7 bh bawang merah
4 bh bawang putih
2 centi lengkuas
3 centi kunyit
1 sensdok makan ketumbar
5 btr kemiri
1/3 sendok teh asam jawa
2 sendok makan gula merah
garam secukupnya

Pelengkap Nasi Krawu :
Nasi putih hangat akan lebih enak dan nikmat
poyah kelapa
Sambel terasi ne pasti akan mantap

Cara membuat Nasi Krawu :
1.Ambil daging sapi yang udah di potong, masuki ke panci presto dan tambahin, air garem dan bumbu halus dan
daun salam serta sereh yang udah di memarin, masak sampai mateng kalo ga salah seh 20 menitan
2.Kalo udah bunyi mendesis  matikan dan tunggu sampai tekanan dalam panci berkurang atau hilang
3.Masukin dalam  wajan dan kemudian masak sampai air menyusut dan semua bumbu merasap dan  daging sapi empuk
4.Kemudian amsukin santal kental tadi kedalamnya dan masak dengan api yang kecil, dan ga usah di tutup
5.Pas masak ni janga lupa di aduk terus biar santan ga pecah
6.Tirisin daging tadi. kan tadi masi ada kuahnya campurin dengan parutan kelapa setengah tua
7.Taruh parutan kelapa tadi di atas wajan, dan tambahin dau jeruk yang udah di suwir , di sangrai terus diaduk
sampai semua rata dan meresap bumbunya dan menjadi kering
8.Ambil penggorengan dan isi dengan minyak secukupnya dan kemudian goreng daginya jangan sampai telalu kering
9.Sekarang udah siap semua nya tinggal di sajikan deh

Panjang banget ya prosesnya bikin nasi krawu tapi ga nyesel lah karena ternyata rasa nasinya mntap banget kan
gimana keluarga pasti suka kan pasti pada nanya ya nasi apa seh ini hehehe. kok anenh banget
agar lebih abdol cobain yang lainya nya sambal cabai hijua

Untuk 1 Porsi keluarga Begitu Mudah Bukan

Incoming search terms:

  • resep nasi krawu ayam suwir
  • bumbu buat nasi krawu khas gresik bukan santan
  • bumbu nasi krawu ayam
  • cara buat sambel terasi nasi krawu
  • cara masak ayam krawu
  • cara masak krawu ayam
  • krawu aya
  • nasi briyani beserta
  • nasi hujan panas azie
  • nasi krawu ayam