Resep Rahasia Iga Penyet Nusantara

Posted on

Resep Iga Penyet Sering ya kita jumpai penyetan yang di jual paling ayam atau juga lele itu itu mul jadi bosen banget ya, nah saatny akita bikin deh menu masaka baru iga penyet belum pernah dengar kan, pasti ga bisa juag bayangin dari pada kelmaan mikitin mending kita bikin yuk sekarang siapin  deh bahan bahan nya

iga-penyetBahan Membuat Iga Penyet :
3 lbr daun salam kita cuci bersih dulu
3 btr cengkeh
1 ruas jari jahe di bakar dulu terus kita memarin
500 grm iga sapi  pilih dagingnya yang banyak
500 ml air yang udah mateng atau pake aja air mineral
300 grm margarin atau bisa pake bluband

Bumbu Yang perlu di ulek halus
5 bh bawang putih kupas kulitnya
1 sdt ketumbar kalo mau praktis pake aja yang bubuk
1 cm kunyit  yang masih sedar
2 cm jahe pilih yang masih segar
2 cm lengkuas ynag berkualitas bagus
Garam dapur  seperlunya

Bahan Sambal Penyetan :
1 sdt garem dapur
1 sdm gula merah atau sering kita sebut gula jawa
1 ikat daun kemangi yang masih segar cuci bersih
2 bh jeruk limau kita ambil airnya
4 bh bawang merah kupas kulitnya
1 bh bwang putih kupas kulitnya
8 cabe merah keriting pilih ukuran sedang
6 cabe rawit kalo mau pedes banyakin aja
1 bh tomat segar ukuran sedang

Cara Membuat Iga Penyet :
1.Ambil Panci dan isi dengan air mateng kemudian masukin iga dan masaklah sampai setengah mateng aja
2.Ohay sampai lupa pas masak masukin juga ya cengkih dan juga jahenay biar makin mantap
3.Kalo udah terlihat setengah mateng kemudian ambilah iga dan tirisin airnya . terus kita olesin lagi deh dengan bumbu yang di alusi
4.Masaklha kembali sampai menjadi mateng
5.Nah angakt iga dan panasin teflon isi dengan minya goreng secukupnya , terus goreng deh iganya sampai menjadi mateng dan kemudian tirisin
deh minyaknya

Cara Membuat Sambalnya :
1.Panasin teflon algi dan kemudian masukin deh bumbu kaya,bawang merah putih,cabe rawit terus juga tumat kemudiab gorenglah
sampai setengah mateng
2.Angkatlah bumbu yang udah di goreng tadi kemudian maskin deh dalam cobek, terus ulek dan tambahin garam kalo udah agak halus
kemudian tambahin deh gula merah dan uleklah sampai halus
3.Kalo pengen tambah seger bolehkok deh di tambahi dengan jeruk limau dan juga dau kemangi
4.saatnya bikin penyetan nya , masukin deh iga yang udah kita goreng tadi dan ulek lah dalam cobek sampai semua sambal tercampur deh

resep Iga penyet nya udah mateng kan , mumpung masih anget saatny kit hisangkan kan nah pas hidanginya kita sajikan bersama dengan lalapanya
kaya kacang panjang, kul dan juga mentimunya apa lagi kalo nasi nya naget mantap banget deh, jangan sampai lupa coabin juga resep
masakan yang lainya

Untuk 4 porsi Begitu Mudah Bukan