Resep Semur Ayam Spesial

Posted on

Semur Ayam nah masakan satu ini mantap banget lah kalo kita bisa bikin, bentar lagi kan lebaran cocok banget kita sajikan bersama dengan ketupat, huh bikin ngiler ja kalo tanya bikinya kaya gimana gampang banget tinggal cemplung cemplung udah jadi deh semur ayam nya, hehe becanda kok , mau tau cara bikinya kya gimana yuk kita  bikin bareng aja pasti akan terasa lebih nikmat dan mantap tapi coba juga ya bolu kukus nya jangan mpe lupa
RResep Semur Ayam SpesialBahan Membuat Semur Ayam :
3 bh paha ayam piilih paha atas
3 bh paha ayam pilih paha bawah
1/2 sdt jeruk nipis biar ga baunya jadi amis
Garam secukupnya
2 bh kentang ukuran sedang potong memanjang terus di goreng
2 lbr daun salam cuci bersih terlebih dahulu
6 bbh cengkeh kalo ga suka ga pake aja ga apa
3 cm kayumanis
2 bh tomat, ukuran sedang cuci bersih dan di potong
3 sdm kecap manis
3/4 sdt garem
1/4 sdt merica pilih aja yang bubuk biar praktis
25 ml santan cdari kelapa asli jangan pake instan ntr ga jadi enak
250 ml air yang udah mateng dan
Minyak Goreng secukupnya unutk menumis

Bumbu Yang kita Ulek Halus
6 btr bawang merak kupas kulitnya
3 btr bawang merak kupas kulitnya
4 btr kemiri ukurang sedang terus kit sangray
1/2 sdt ketumbar kita sangray
1 cm jahe kalo suka kalo ga pake ga ap
1/2 sdt pala pilih yang bubuk aja biar praktis

Cara Membuat Semur Ayam
1.Ambilah ayam kemudian cuci bersih terlebih dahulu kemudian kita lumuri dengan jeruk nipis kita diamen dulu deh kurang lebih 15 mntan yang penting bau amisnya bisa hilang
2.Siapin wajan dan isi dengan minyak goreng secukupnya, dan panasin terus kita kita masukin deh daging ayam tadi dan masaklah jangan terlalu mateng kan kita masak lagi, angkat ayam tadi dan tirisin lagi
3.Kita panasin kembali deh minyak goreng sekarang kita akn membuat tumisan, yaitu masukin deh bumbu yang udah kita halusin,
4.masukin juga cengkih, daun salam yang udh di cuci bersih,kayu manis terus tumislah sampai baunya tercium wangi, terus masukin deh tomat dan aduk sampai layu
5.udah layu kita masukin deh ayamnya bersama dengan kentang yang sebelumnya kita goreng, aduk lah sampai tercampur dengan rata, tinggal
masukin penyedapnya kecap, garam dan juga merica bubuk aduk kembali biar merata
6.Ni yang terakir kita masukin deh air mateng aduklah kembali sampai merat, dan masak samapi menjadi kental. tinggal nambahi deh santan kental nya, dan tunggu samapi mendidih sambil di aduk sampai mateng

Semur Ayam udah mateng kan tunggu bentar ya biar agak dingin baru deh kita masukin ke bascom, udah di cicipin masakannya pasti mantap banget kan, kalo pengen lebih mantap taburin deh di atasnya pake bawang merah yang udah di goreng nah kalo masih kurang mantap bikin aja tempe mendoan sebagai pelengkapanya

Untuk 6 porsi Begitu Mudah Bukan

Incoming search terms:

  • Resep ayam goreng daun jeruk pedas