Cara Membuat Cincau Hitam

Posted on

Cincau siapa seh yang gau jenis makanan ini bentuknya mirip banget dengan agar agar, cincau sering kita jumpai kalo kita beli es buah atau es campur pasti adakan warnanya hitam wah apanya kaloa es buah ga ada makanan ini pasti kurang lengkap banget dan rasanya pun juga kurang mantap berasa nah biar ga kelamaaan yuk kita bikin bareng aja nah sebagai cemilan sebelum bikin makan piscok ja pasti ntar ga jadi kelaperan

Bahan MembuaCara Membuat Cincau Hitamt Cincau :
1 kg Daun cincau yang udah di keringkan
NaOH/Abu Qi, nah ini beguna unutk ngeluarin pati ( secukupnya aja )
Tepung tapioka sesuai kebutuhan
Air yang udah mateng pake air mineral juga ga papa
Kompor atau bisa pakae juga tungku
Pengadu untuk mengaduk loyangnya
saringan untuk menyaring cincaunya

Cara Membuat Cincau Hitam :
1.Cuci terlebih dahulu daun daun cincau yang udah dikeringin tadi pake air bersih ya biar kotoran hilang dan cincaunya bersih deh
2.Tirisakan bentar biar airnya ga kemana mana, ambil air 20 liter kemudia rebuslah dan masukin juga daun cincau kering bersama zah NaOH rebus sampai air nya berkurang kira kira setengahnya
3.Pas rebus jangan lupa unutk diaduk terus ya karena ada buihnya ntar kalo ga di aduk terus bisa tumpah kemana mana
4.Ambil zat pati cincau kemudian taruhlah di saringan kemudian saringlah jangan sampai ampas nya tercampur ya
5.Sekarang proses pembentukan gel nya , dinginkan larutan tadi tersebut kemudia campurlah dengan tepung tapioka (Nah proses ini jangan diaduk ya )
6.Kemudian rebuslah kembali samapi mendidh dan menjadi mengental nah sekarang pas masak sambil diaduk nya jangan sampai larutan tersebut mengantal
7.Nah udah mateng dan cukup mengental kita tuang ke dalam loyang atau bisa pake cetakan lainya dan tunggulah sampai dingin ya kira kira 7 jam an

Cincau udah dingin kan nah silahkan untuk di potong poton sesuai selera dan siap untuk di nikmati dangan campuran es past es buahnya makin
mantap banget, nah kalo tadi kurang keras dan kenyal ulangi saja pasti nanti akan bisa menjadi bagus dan sesuia dengan keinginan kita nah kalo udah jadi es paduin ja dengan kue talam pasti makin enak dan makanyus

Incoming search terms:

  • Cara membuat cincau