Resep Es Dawet Ayu Banjar Negara

Posted on

Es Dawet minuman yang sangat menyegarkan dan sangat cocok banget kita nikmati di siang hari, di bawah pohon yang rindang, es ini adalah es kesukaan saya dan istri, ketika kita masih kuliah di jogja, dulu saya sering banget beli es dawet di daerah balapan di deket bengkel kereta api disana seger banget susana di bawah phon besar dengan angin cukup segar , cocok banget buat nikmati es dawet, selama ini kalian cuma ngeliat dan beli duam kan tapi belum tau pasti wajik ketam gimana cara bikinya, yuk kita bikin ja

Bahan Membuat Es DaResep Es Dawet Ayuwet:
250 gr tepung hunkwe atau dari sagu aren
100 ml air daun dau pandan yang udah di cuci bersih tentunya
garam dapur secukupnya
700 ml air mateng yang udah di taruh kulkas dan udah  dingin
500 grm gula merah atau gula jawa
600 ml air yang udah mateng
es batu  yang udah di pecah pecah atu es kolong

Santan kelapa untuk kuah es dawet
1 ltr santan dari kelapa asli jangan pake santan instan pasti ntr hasilnya ga enak
Garam secukupnya
2 lbr daun pandan

Cetakan Untuk Membuat Es Dawet
Cetakan untuk membuat cendolnya ukuran nya yang kecil kira kira 0.5 centi
atau bikin ndiri aja sesui selera
Centong kayu unutk mengaduk dawetnya

Cara Membuat Es Dawet Ayu
1.Ambil tepung hunkwe, terus air pandan dan juga garam secukupnya aduklah hingga tepung tercampur dan larut.
2.Aduk terus sampai adonan bercampur semua daqn menggumpal
3.ambil cetakan untuk untuk membuat cendolnya taruh bascom di bawanhya untuk menaruh cendol  dan isi bascom tersebut di isi dengan air dingin
4.TUang dikit dikit adonan cendol tadi ke dalam cetakan kemudian tekan adonan cendol tadi sampai cendol keluar dari cetakan dan dan   adonannya menjadi ahbis
5.Sekarang kita bikin kuahnya, yaitu rebus santan dengan api yang kecil aja, dan terus dia aduk terus biar santan ga pecah, masak sampai mendidih
6.Kalo udah mateng didinginin
7.Nah sekarangDawet udah mateng kan, ambil mangkuk atau gelas, tuang rebusan gula yang udah di bikin tadi, terus tambahin deawet  serta es batu di atasnya. udah jadi deh dan siap untuk di hajar

Ternyata cuma gini aja kan cara bikin bikin es dawet ga susahkan,kalo kita mau berusaha pasti bisa lah bikinya soalnya kan udah ada resep dan cara membuat dan lengkap, minuman udah bisa bikin sekarang bikin juga resep yang lain dum jangan cuma ini aja bikin kue pukis vanilla karena sangat cocok di padukan dengan es dawet

Untuk 15 Porsi Begitu Mudah Bukan

Incoming search terms:

  • cara memasak bayat
  • cara membuat dawet dari tepung ketan
  • dawet ga
  • dawet ganyong
  • dawet tanpa kapur sirih
  • resep dawet ayu rumput laut
  • resep dawet beras ncc
  • resep dawet kudus
  • resep dawet sambel
  • resep dawet ubi unggu